Gebrakan kemajuan teknologi Nuklir Indonesia

“Patut diketahui Indonesia dapat dengan mudah memiliki senjata nuklir jika mau. Teknologi nuklir yang kini Indonesia miliki dapat dengan mudah diubah menjadi teknologi untuk membuat senjata nuklir,” ujar anggota Komisi I DPR, M. Nadjib, dalam seminar Kawasan ASEAN Bebas Nuklir di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (12/2/2013).

Pernyataan tersebut memang bukan omong kosong belaka mengingat beberapa hal yang berhubungan dengan kemajuan teknologi nuklir di Indonesia.
Di antaranya di temukannya rumus baru pengayaan uranium oleh ilmuwan nuklir Indonesia yang saat ini juga menjabat sebagai Dirut. PT. BATAN TEK Dr.Ir.Yudi utomo Imardjoko dan rekan se almamater beliau di UGM dr. Kusnanto, yang berikutnya formula temuan tersebut di beri nama formula YK, di ambil dari singkatan nama keduanya.

Dengan di temukannya formula tersebut, Indonesia kini menjadi negara satu satunya yang mempunyai tehnologi paling mutakhir dalam pengayaan nuklir khususnya untuk pemberdayaan radioisotop dan menjadi satu-satunya negara di Asia yang mampu memproduksi radioisotop. Kini sebagian besar negara di Asia datang ke BatanTek untuk membeli radioisotop. bahkan seperti yang di langsir di beberapa media, menteri BUMN Dahlan iskan mengatakan PT. BATAN TEK akan membangun pabrik radioisotop di amerika serikat. Ini menjadi berita baik karena pasar radioisotop sangat besar, dengan demikian akan menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara produsen pengayaan teknologi nuklir besar di dunia.

Leave a Reply